Ikuti Lomba Blogger Competition Tngkat SLTA !

Dalam rangka mendukung gerakan Indonesia Go Organik dengan memasyarakatkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64/Permentan/ OT.140/5/2013 TENTANG SISTEM PERTANIAN ORGANIK serta membantu Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan Masyarakat Informasi Indonesia (MII) 2015, IME Foundation menyelenggarakan “Kompetisi Blogger Remaja Tingkat SLTA 2014”.
Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya sistem pertanian organik untuk menyelamatkan generasi Bangsa Indonesia dari bahaya penggunaan pestisida dan pupuk kimia bagi kesehatan. Penggunaan pertisida sintetis secara terus-menerus dapat meningkatkan kekebalan hama terhadap pestisida sehingga dosis yang digunakan semakin lama semakin meningkat. Peningkatan dosis ini dapat menyebabkan keracunan pada manusia sebagai konsumen hasil pertanian, merusak organ tubuh penting dan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, serta merusak keseimbangan ekosistem. Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat merusak struktur tanah yang mengakibatkan tanah menjadi liat sehingga tidak dapat menyerap air dan jika terjadi banjir, air tak kunjung surut karena tidak dapat meresap kedalam tanah.
Ajang kompetisi blogger remaja ini, merupakan salah satu upaya menumbuhkan semangat untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan menciptakan maindset untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air yang sebenar-benarnya dengan memelihara keseimbangan alam dan ekosistem pada tanah dan air.
Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan sejuta media independent yang bahu membahu dalam memajukan dan memberdayakan masyarakat diberbagai bidang, khususnya Agro Bisnis dan Agro Industri melalui Sistem Pertanian Organik.
Sebagaimana diketahui bersama, bahwa akhir-akhir ini sering terjadi bencana banjir dan tanah longsor sebagai akibat dari kesalahan manusia yang tidak ramah dengan lingkungan dan mengabaikan keseimbangan alam. Munculnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh makanan yang tidak sehat, semakin menaikkan tingkat kematian, memperpendek umur dan mempersuram nasib generasi bangsa. Pada era informasi sekarang ini, publikasi informasi melalui media internet telah dengan mudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga menjadi senjata yang cukup ampuh dalam mengkampanyekan Gerakan Indonesia Go Organik.
Masa depan Bangsa Indonesia berada di tangan para pelajar sebagai generasi penerus. Tidaklah mudah merubah mindset petani kita yang sudah terbiasa menggunakan pestisida sintetis dan pupuk kimia karena terlanjur meyakini bahwa hanya dengan cara itu mereka dapat meningkatkan hasil pertaniannya dan membentengi tanaman dari serangan hama, tanpa menyadari bahayanya bagi orang yang mengkonsumsinya. Para pelajar diharapkan dapat mempengaruhi masyarakat sekitarnya dan meyakinkan orang tuanya untuk menerapkan sistem pertanian organik.
BENTUK KEGIATAN
Kompetisi Blogger Tingkat SLTA ini diselenggarakan untuk menambah wawasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan menjalin persaudaraan antar blogger siswa-siswi SLTA di Indonesia dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:
  1. Roadshow Workshop Siswa Kelas 3 SLTA di 35 Kabupaten / Kota dengan Tema: “Strategi Lulus UN Dengan Nilai Terbaik melalui Aktivasi Otak Kanan”
  2. Seminar Guru TIK dengan Tema: ”Peranan TIK dalam Menyelamatkan Generasi Bangsa”
  3. Kompetisi Blogger dengan Tema: “Integrated Farming, Solusi Menuju Indonesia Go Organik”
  4. Gathering Party Blogger dan Pembagian Hadiah
Target Jumlah Peserta:
Jumlah peserta Kompetisi Blogger Tingkat SLTA ini ditargetkan 1.000.000,- (satu juta) peserta. Semakin banyak peserta tentunya semakin baik dengan harapan agar kegiatan ini dapat menjadi ukuran tingkat persentase ICT Awareness dan ICT Literacy pada Remaja khususnya Siswa SLTA di Indonesia. 
Output:
Menciptakan Seratus Ribu Media Independen yang terorganisir dalam Komunitas Blogger yang berfungsi untuk mempublikasikan, dan mempromosikan segala potensi yang ada di Indonesia khususnya Jawa Tengah serta untuk mengangkat potensi, ide, gagasan dan kreatifitas melalui pemberitaan online yang dilakukan oleh para blogger untuk mengimbangi ekses negatif dari keterbukaan informasi.
Pendaftaran Peserta:
Pendaftaran Kompetisi  Blogger Remaja Tingkat SLTA ini dimulai tanggal 15 Februari 2014 dan ditutup pada tanggal 1 juni 2014.
Syarat-Syarat Peserta Kompetisi Blogger Tingkat SLTA :
  1. Peserta adalah Pelajar SLTA se-Indonesia.
  2. Mendaftarkan alamat blog, facebook atau twitter dan mengisi data pribadi pada menu registrasi di website www.ime.web.id
  3. Peserta bebas berkreasi sejauh tidak dimaksudkan untuk menyerang pribadi, mengeksploitasi pornografi, atau memicu konflik SARA.
  4. Foto atau bentuk grafis lain dapat digunakan untuk menunjang isi ataupun tampilan blog sejauh tidak melanggar hak cipta (copy right). 
  5. Memasang image link (banner) IME.WEB.ID dan logo sponsor secara permanen pada Blog yang didaftarkan. Image link bisa didapat dari Member Area dan dipasang pada header atau sidebar, tetapi bukan sebagai bagian dari posting. 
  6. Mempromosikan Blog dan ID anda dengan mengomentari blog peserta lain atau dengan mempromosikan link berita melalui e-mail, facebook, twitter, dll.
  7. Menampilkan 10 link Sahabat Blogger di sidebar Blog yang dapat diperoleh dari Daftar Peserta Kompetisi Blogger di member area.
Isi / Konten Blog :
  1. Tema Artikel Utama: ”Integrated Farming, Solusi Menuju Indonesia Go Organik”.
  2. Artikel lain mengenai Pemanfaatan Sains dan Teknologi, seni, pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan, ide-ide pribadi, kegiatan, kejadian, ataupun mengangkat potensi yang ada di Indonesia.
  3. Artikel yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah atau masyarakat sekitar.
  4. Artikel lain yang layak dipublikasikan.
HADIAH-HADIAH :
Hadiah-hadiah yang disediakan oleh panitia dalam ajang kompetisi blogger tingkat SLTA ini adalah:
Hadiah Berdasarkan Ranking Google SEO Competition:
  1. Juara 1    : Notebook setara Intel Core i7
  2. Juara 2    : Notebook setara Intel Core2Duo
  3. Juara 3    : Netbook setara Intel Atom
  4. Juara Harapan 1 : Gadget Android 10”
  5. Juara Harapan 2 : Gadget Android 8”
  6. Juara Harapan 3 : Gadget Android 7”
  7. Juara Harapan 4 : Gadget Android 4”
Hadiah Beasiswa Untuk Pemenang Kategori Blog Pilihan Remaja:
  1. Juara 1   : Beasiswa S1
  2. Juara 2   : Beasiswa D3
  3. Juara 3   : Beasiswa D2
  4. Juara Harapan 1-4 : Beasiswa D1 x 4
Hadiah Beasiswa Untuk Pemenang Kategori Blog Pilihan Facebooker:
  1. Juara 1   : Beasiswa S1
  2. Juara 2   : Beasiswa D3
  3. Juara 3   : Beasiswa D2
  4. Juara Harapan 1-4 : Beasiswa D1 x 4
Hadiah Bagi Sekolah:

Bagi sekolah yang mengikutsertakan peserta terbanyak akan mendapatkan bantuan 5 Unit computer. 

Selengkapnya bisa kunjungi disini

Related Posts:

0 Response to "Ikuti Lomba Blogger Competition Tngkat SLTA !"

Post a Comment

Jika Berkomentar diharapkan menggunakan akun ya jangan anonim. Dan jika berkomentar gunakan etika dalam berkomentar ya. Terima Kasih